en id

Berita

Sambut Natal dan Tahun Baru, Bandara Adisutjipto Siapkan Posko Terpadu

20 Dec 2018

kembali ke list


YOGYAKARTA – Dalam rangka menyambut momen Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Intermasional Adisutjipto Yogyakarta menyelenggarakan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Mengawali kegiatan tersebut, dilaksanakan Apel Pembukaan Posko Natal dan Tahun Baru pada Kamis (20/12) di area pelataran Gedung PKP-PK Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Dalam apel ini, Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto, Marsma TNI Ir. Tedy Rizalihadi, S.T., M.M bertindak sebagai Inspektur apel. Kegiatan apel Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dihadiri oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Lanud Adisutjipto, Datasemen Hanud 474 Paskhas, Basarnas DIY, Polres Sleman, Saka Dirgantara, dan Karyawan PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Dalam sambutannya Marsma TNI Ir. Tedy Rizalihadi, S.T., M.M Komandan Lanud Adisutjipto menghimbau dan mengajak agar seluruh personil yang terlibat meningkatkan kerjasama dan koordinasi serta kewaspadaan demi pelayanan kepada pengguna jasa angkutan udara di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. “Kita ketahui bersama bahwa keberhasilan pengamanan angkutan udara yang telah dilaksanakan pada waktu sebelumnya ditentukan oleh adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antar satuan pelaksana pengamanan, saya menghimbau kepada seluruh personil untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dalam mengawal momen selama Natal dan Tahun Baru ini ” ujar Tedy Rizalihadi.

Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta akan mulai beroperasi mulai hari ini, Kamis, 20 Desember 2018 sampai dengan 06 Januari 2019 mulai pukul 05.00 WIB smpai dengan 24.00 WIB dengan melibatkan 112 personil yang terdiri dari 50 personil gabungan dan 62 personil dari PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang lokasinya terletak di area Lobby terminal A dan area Lobby kedatangan di Terminal B.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa pada Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kali ini diprediksikan akan mengalami lonjakan penumpang yang menggunakan moda transportasi angkutan udara hingga 28.237 atau mencapai 7,2% pada puncak kedatangan (H-2) Natal 2018 di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yaitu tanggal 23 Desember 2018. Sedangkan puncak keberangkatan (arus balik) diprediksi pada tanggal 1 Januari 2018. “Prediksi akan terjadi lonjakan total penumpang sampai dengan 477.972 dengan prosentase kenaikan 7,89%, selama pelaksanaan Posko Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dibandingkan dengan tahun lalu,” imbuhnya.

Terdapat 7 (tujuh) Extra Flight yang telah dirilis oleh Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, yaitu Air Asia dengan tujuan Jakarta, Lion Air dengan tujuan Jakarta; Makassar; dan Balikpapan, Batik Air; Citilink; Garuda Indonesia; dan Nam Air dengan tujuan Jakarta, serta Sriwijaya Air dengan tujuan Makassar.

Setelah Apel Pembukaan Posko Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dilanjutkan dengan pemotongan rangkaian bunga sebagai tanda dimulainya Posko Terpadau Angkutan Udara Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang dilakukan oleh Komandan Lanud Adisutjipto, General Manager PT Angkasa Pura I (persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta , Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto, Kapolsek Depok Timur dan General Manager Airnav Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan posko dan fasilitas pendukung lainya. *** [GN]